Home Galery
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

 

Performance Motivation

Time management

Calendar

Last month October 2014 Next month
S M T W T F S
week 40 1 2 3 4
week 41 5 6 7 8 9 10 11
week 42 12 13 14 15 16 17 18
week 43 19 20 21 22 23 24 25
week 44 26 27 28 29 30 31

Archive


SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH


Reformasi pengelolaan keuangan negara Terus dilakukan pemerintah melalui pembenahan kebijakan dan peraturan perundang-undangan, penyiapan infrastruktur sistem keuangan baik berupa hardware maupun software dan penyiapan sumberdaya manusia termasuk penataan struktur tata organisasi pemerintahan. Dari aspek kebijakan dan peraturan perundang-undangan, reformasi pengelolaan keuangan negara telah melahirkan paket perundang-undangan keuangan negara yang baru, diantaranya adalah : Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksanaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara.

Dalam paket peraturan perundang-undangan keuangan negara dilakukan perubahan fundamental dengan memasukkan kerangka ilmu manajemen kinerja dan ilmu akuntansi keuangan. Dengan perubahan tersebut maka entitas pemerintahan melakukan pengelolaan keuangannya harus berdasarkan pada perencanaan kinerja (performance planning) yang sudah disusun dengan sebaik-baiknya, anggaran kinerja (performance budget) yang merupakan penjabaran dari perencanaan kinerja dan disetiap periode entitas pemerintahan harus menyajikan laporan kinerja (performance report) dan laporan keuangan (financial statement).

Dalam hal laporan keuangan, berdasarkan pada PP 71 tahun 2010 setiap instansi pemerintahan harus menjalankan sistem akuntansi agar dapat menyajikan Laporan Pelaksanaan Anggaran (budgetary reports) yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Laporan Perubahan Sisa Anggaran Lebih (SAL), Laporan Keuangan (financial reports) yang terdiri dari Neraca, Laporan Operasi (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), dan Laporan Arus Kas (LAK) serta Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK).

BALANCED SCORECARD

Balanced Scorecard (BSC) merupakan konsep manajemen strategis yang diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton. BSC mencoba merencanakan dan mengukur kinerja organisasi secara seimbang dari berbagai perspektif dengan fokus pada keberhasilan implementasi strategy organisasi.

BSC menyarankan agar perngukuran kinerja minimal dilakukan dalam empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, internal bisnis proses dan perspektif pembelajaran.

PERFORMANCE BUDGET

Performance Budget

Anggaran Kinerja (performance budget) muncul sebagai jawaban atas kelemahan sistem penganggaran tradisional yang berbentuk line item budget dan bersifat incremantalis. Anggaran kinerja menekankan bahwa besaran anggaran yang disusun harus benar-benar didasarkan pada potensi dan target-target kinerja yang akan dicapai oleh organisasi.

Anggaran kinerja sangat memperhatian time value of money, yang berarti bahwa sumberdaya keuangan harus dikelola secara ekonomis , efisien dan efektive. Dalam anggaran kinerja penetapan target kinerja dari setiap aktivitas pengelolaan sumberdaya keuangan merupakan suatu keharusn, yang setidaknya terdiri dari target kinerja input, output dan outcomes.

SIMSPM

SIMSPM Dashboard

SIMSPM tm adalah Sistem Informasi Manajemen Standar Pelayanan Minimal, yaitu sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pengendalian dan pengukuran kinerja standar pelayanan, di suatu organisasi / suatu unit dalam organisasi, atas pelayanan yang diberikan kepada pengguna layanan (pelanggan).

Dengan SIMSPM tm maka target (standar) kinerja pelayanan yang telah ditetapkan dapat dimonitor pencapaiannnya setiap saat.